Laman

Senin, 28 November 2011

FORM


Form adalah tempat untuk pembuatan window. Kontrol diletakkan pada form. Kontrol ini misalnya tombol check box, radio button, memo, label, panel, dan sebagainya. Pada form tersedia tombol :
  • Tombol Minimize untuk mengubah window menjadi icon.
  • Tombol Maximize untuk memperbesar ukuran sehingga memenuhi layar monitor pada saat itu tombol berubah menjadi tombol Restore yang berfungsi mengembalikan ke ukuran sebelumnya.
  • Tombol Close untuk menutup window. Jika aplikasi mengandung sebuah window, maka Close sekaligus berfungsi penutup program.

Mengaktifkan Form

Untuk mengaktifkan form ada beberapa cara, yaitu :
  • Klik tombol View Object pada Window Project
  • Dari menu View klik perintah Object
  • Tekan tombol Shift + F7 pada keyboard



Event Form

Event
Keterangan
Active
Terjadi saat sebuah form menjadi window aktif
Click
Terjadi saat pemakai mengklik form
DbClick
Terjadi saat pemakai melakukan klik ganda form
Deaactive
Terjadi saat form lain menjadi window aktif
DragDrop
Terjadi saat proses drag melewati form selesai
DragOver
Terjadi saat proses drag melewati form
GotFocus
Terjadi saat form mendapat focus
KeyDown
Terjadi saat pemakai menekan keyboard dan property KeyPreview kontrol pada form bernilai True. Sebaliknya, kontrol akan memakai event KeyDown
KeyPress
Terjadi saat pemakai menekan sebuah tombol pada keyboard melewati form
KeyUp
Terjadi saat pemakai melepas penekanan tombol
LinkClose
Terjadi saat proses DDE terhenti
LinkError
Terjadi saat proses DDE gagal
LinkExecute
Terjadi saat proses DDE mulai dijalankan
LinkOpen
Terjadi saat proses DDE mulai
Load
Terjadi saat form diaktifkan dans ebelum tampak di layar
LostFocus
Terjadi saat form kehilangan focus
MouseDown
Terjadi saat pemakai menekan mouse melewati form
MouseMove
Terjadi saat pemakai melepas mouse melewati form
Paint
Terjadi saat VB harus menggambarkan form
QueryUnload
Terjadi beberapa saat sebelum aplikasi dihentikan. Resize terjadi pada saat pemakai mengubah ukuran form. Unload terjadi saat form diaktifkan menggunakan pernyataan Unload.


Properti Form

Properti
Keterangan
AutoRedraw
Jika True, VB secara otomatis menggambar ulang gambar pada form karena window lain menghilangkan gambar. Jika False (default), VB tidak akan me-redraw secara otomatis
BackColor
Warna background form. Pemakai bias menentukan dengan angka heksadecimal atau memilih warna yang sesuai dari palet warna
BorderStyle
0 tanpa garis batas, 1 untuk garis tetap, 2 (default) untuk garis yang ukurannya bias diubah, 3 garis tetap dengan dua baris pada pinggirnya
Caption
Teks yang tampil pada judul form. Nilai Caption secara default adalah nama form
ClipControls
Jika True (default), Paint even akan bekerja
ControlBox
Jika True (default), form akan mengandung tombol control
DrawMode
Menyediakan 16 komposisi yang terkait dengan gambar dalam menghasilkan efek gambar khusus
DrawStyle
Menyediakan 7 komposisi untuk menentukan tampilan garis dalam gambar
DrawWidth
Menentukan lebar garis pada form
Enabled
Jika true (default), form dapat menanggapi events
FillColor
Warna untuk mengisi gambar pada form
FillStyle
Menyediakan 8 macam corak pengisi bidang gambar
FontBold
Untuk menentukan ukuran tebal font pada form maupun pada sat pencetakan. Tidak berpengaruh pada property Caption
FontItalic
Untuk menentukan bentuk miring font pada form maupun pada saat pencetakan. Tidak berpengaruh pada property Caption
Font Name
Untuk menentukan jenis font pada form maupun pada saat pencetakan. Tidak berpengaruh pada property Caption
FontSize
Untuk menentukan ukuran font pada form dan saat pencetakan. Tidak berpengaruh pada property Caption
FontStrikethru
Untuk menntukan garis coret pada font di form maupun pada saat pencetakan. Tidak berpengaruh pada property Caption
FontTransparent
Untuk menghasilkan efek transparent font pada form maupun pada pencetakan. Tidak berpengaruh pada property Caption
FontUnderline
Untuk menentukan garis bawah font di form maupun pada saat pencetakan. Tidak berpengaruh pada property Caption
ForeColor
Untuk menentukan warna latar depan font di form maupun pada saat pencetakan. Tidak berpengaruh pada property Caption
Height
Untuk menentukan ukuran tinggi form
HelpContextID
Menyediakan nomor pengenal dalam penyusunan context-sensitive help
Icon
Untuk menentukan icon aplikasi
KeyPreview
Jika False (default), control yang menerima focus menerima bias menerima event-event berikut KeyDown, KeyUp dan KeyPress sebelum form. Jika bernilai True, form akan menerima event sebelum kontrol terfikus
Left
Ukuran posisi kiri, terhitung dari pinggir form
LinkMode
0 (default) akan melumpuhkan DDE, 1 DDE otomatis DDE, 2 Dde terkode, 3 permintaan terkode
LinkTopic
Menentukan aplikasi sumber dan topik DDE
MaxButton
Jika True (default), tombol Maximize muncul pada form pada saat runtime. Jika false, pemakai tidak bias me-maximize form
MDIChild
Jika True, form akan jenis MDI. Jika False (default), form bukan form MDI
Name
Nama form, default Form 1
Picture
File gambar yang menampilkan background form
ScaleHeight
Tinggi form, ScaleMode untuk menentukan unit pengukuran yang digunakan
ScaleLeft
Jarak dari kiri layar ke batas kiri form
Scale Mode
Untuk menentukan pengukuran koordinat pada form
ScaleTop
Jarak dari sisi atas layar ke batas atas form
Scale Width
Untuk menentukan lebar form
Top
Posisi batas atas form
Visible
Bernilai True atau False, sehingga form bias tampak atau hilang
Width
Lebar form dalam satuan twip


Menggunakan Banyak Form

Pengaktifkan Form
Perintah untuk mengaktifkan form, yaitu membuka form ke memori :
Load Namaform
Perintah untuk menutup form dari memori :
Unload Namaform
Kalau kode dijalankan pada form tersebut, cukup dengan perintah :
Unload Me
Penampilan Form
Perintah untuk menampilkan form yang telah aktif di memori tetapi belum tampak :
Namaform.Show
Sedangkan perintah untuk menyembunyikan form adalah :
Namaform.Hide
Kalau kode dijalankan pada form tersebut, cukup dengan perintah :
Me.Hide

Penentuan Form Awal

Untuk menentukan form mana yang harus tampil pertama kali menggunakan kotak dialog Project Properties. Kotak ini dapat diaktifkan dengan perintah Project-project Properties. Kemudian pada tab General, terdapat combo box StartUp Object digunakan untuk memilih form awal.





Berikut ini adalah contoh pemrograman
  1. Rancang interface yang mengandung kontrol : 1 label, 3 command button dan sebuah text seperti berikut ini :

  1. Klik ganda Text Box, lalu lengkapi kodenya, menjadi seperti berikut :
Private Sub Text1_Change()
Form1.Caption = Text1.Text
End Sub
  1. Klik ganda pada label2 dan tuliskan :
Private Sub Label2_Click()
Label2.Caption = Text1.Text
End Sub
  1. Klik ganda tombol pertama, lalu tulis kode berikut ini :
Private Sub Command1_Click()
Form1.Height = Form1.Height + 450
Form1.Width = Form1.Width + 450
End Sub
  1. Klik ganda tombol kedua lalu tuliskan :
Private Sub Command2_Click()
Form1.BackColor = QBColor(Rnd() * 15)
End Sub
  1. Klik ganda tombol ketiga dan tuliskan :
Private Sub Command3_Click()
Unload Me
End Sub
  1. Dengan perintah Save Project As dari menu File, simpanlah form sebagai Frm.Form.Frm dan program sebagai PrjForm.vbp.

Kemudian jalankan program, lalu tuliskan kata pada text box, misalnya canggih. Kata tersebut akan dipasangkan sebagai judul window. Klik label kedua, kata tersebut akan dituliskan pada label tersebut. Selanjutnya pada tombol pertama akan memperbesar ukuran form, tombol kedua akan mengganti warna form secara random dan tombol ketiga perintah untuk menutup form.

Referensi :
  1. Peter Norton’s, Guide to Visual Basic 6, SAMS Publishing, 1998
  2. Richard Mansfield, Panduan Berilustrasi Visual Basic dalam Aplikasi, Dinastindo, Jakarta 1995

Tidak ada komentar:

Posting Komentar