Laman

Sabtu, 26 Maret 2011

Domba Dolly


  • Kelahiran Domba Dolly
Domba Dolly yang lahir pada 5 Juli 1996 diumumkan pada 23 Februari 1997 oleh majalah Nature. D0mba hasil kL0N Yang pertama,memang sebuah kejadian yg penting. Tekn0l0gi genetik telah mencApai titik dimana kita dapat menciptakan duplikat yg sama dari hewan-hewan tingkat tinggi. Kita telah mengHasilkan kL0n d0mbA dan m0nyet, dan embrio manusia telah berhasil diduplikasi dalam laB0rat0rium.
  • Apa Itu domba Dolly?
Dolly direpR0duksi tanpa bAntUan d0mbA jantan, dari sebuah sel kelenjar susu, bukan dari sel repR0duksi, yang diambil secAra aCak dari seEk0r d0mbA dEwasa. HingGa saAt itU,PRoses ini diangGap sebAgai hal yg tidak mungkin.
  • Penciptaan Domba Dolly
Dolly diciptakan dari sebuah kelenjar susu yang diambil dari seEk0r d0mbA betina. Fungsi sel sel kelenjar susu adalah untUK mempR0duksi susu, dan biasanya tidak dapat bekerja selain sesuai dg fungsi terSebuT. Dalam pR0ses ini, nukLeus dari sel terSebuT yang mengandung DNA dipisahkan, diletakKan dalam sel telur seEk0r d0mbA betina lainNya, dan ditanam dalam seek0r ibu d0mbA pengGanti. DEngan menerapkan stimulus stimulus eksternal seperti kejuTan listrik pada sel telur yg tidak dibuahi itU,para ahli berhasil memuliHkan kemampuan sel iTu untUk mengalami pembelahan sel berulang seperti halnya sel telur yang telah dibuahi.
  • Kematian Domba Dolly
UmumNya, sel telur yang telah dibuahi memiliki kemampuan uNtUk menjadi seorang individu. Hal ini berarti bAhwa pembelahan sel akan mengHasilKan sebuah organisme yg indEpendEn. Sama halnya, satU buah sel yg diambil dari daun manapun dari sebuah tUmbuhan dapat berubAh.
Domba dolly mati dikarenakan terkena penyakit arthritis. Pendapat itu di dukung atas beberapa hasil hewan percobaan.
penggunaan gen pertumbuhan manusia kepada embrio, diharapkan akan muncul keadaan yang baik ternyata muncullah yang buta, immunosupresif, arthritis, gangguan pencernaan, dan lain-lain.
Demikian pula penelitian Arfad Putzai (1998) menggunakan kentang transgenik yang mentah diberikan kepada tikus percobaan memberikan gejala gangguan pencernaan, imunosupresif, kekerdilan, serta adanya arthritis.
Kekhawatiran penyakit prion atau penyakit gen sesudah 200 tahun kemudian baru menjadi kenyataan, Yaitu sejak tahun 1787 sampai 1986. Demikian pun halnya dengan kekhawatiran penyakit arthritis yang diderita oleh domba Dolly sesudah enam tahun baru muncul.
Masa inkubasi penyakit Scrapie pada domba 1,5 sampai dengan empat tahun, penyakit sapi gila empat sampai dengan delapan tahun, dan penyakit kuru pada manusia delapan sampai dengan 20 tahun. Apakah penyakit arthritis yang dijumpai pada domba Dolly sesudah enam tahun juga merupakan suatu penyakit dari gen atau muncul dari penggunaan rekayasa genetika?.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar